Desain Interior Apartemen Studio: Inspirasi Furniture Multifungsi

Pada dasarnya, sebuah desain interior apartemen, berbeda dengan konsep desain interior rumah.  Salah dalam pengaplikasian, membuat sebuah apartemen kurang nyaman saat ditempati.

Keterbatasan ruangan kerap membuat Anda perlu penyesuaian dalam pembelian dan penempatan furniture apartemen yang tepat. Dalam hal ini efisiensi ukuran dan fungsi menjadi hal utama dalam konsep desain interior apartemen.

Seperti dikutip dari sumber, berikut beberapa furniture multifungsi yang bisa Anda manfaatkan dalam mengisi perabotan di ruang terbatas seperti apartemen. Tujuannya adalah efisiensi desain interior apartemen, agar terasa lebih nyaman saat ditinggali:

Kursi atau sofa dengan Rak

Perabotan ini sangat cocok bagi mereka yang memiliki kebiasaan membaca buku di sofa atau kursi. Desain kursi atau sofa yang memiliki rak sudah bukan hal baru lagi. Pemilihan perabotan ini akan membantu Anda pemakaian space berlebih untuk menaruh rak dan tempat duduk.

Meja Lipat

Meja lipat memiliki karakter efektif dalam hal pemanfaatan, dan saat tidak digunakan benda ini akan menghemat penggunaan ruang di desain interior apartemen Anda. Beberapa produk bahkan dapat disesuiakan sesuai kebutuhan, seperti bentuk meja menjadi besar, dan kecil (Sesuai kebutuhan).

Tataan di Dinding

Benda sederhana ini dapat membantu Anda menaruh benda, seperti perkakas yang sering digunakan, buku, hingga menjadi alas baju saat di setrika. Pilih yang bisa dilipat, sehingga saat digunakan benda ini tak memakan banyak tempat.

furniture multifungsi sofa bed

Source: ikea.com

Sofa tempat tidur

Karena fungsinya dapat digunakan untuk duduk bersantai atau tidur, perabotan ini akan membantu Anda lebih ringkas dalam berbelanja furniture. Sehingga sisa ruang, bisa Anda manfaatkan untuk perkakas yang lain.

furniture multifungsi wooden shelf

Source: dekoruma.com

Meja dengan Rak

Seperti kursi, meja dengan kaki jenjang dapat dimanfaatkan untuk rak sederhana. Cara ini dapat dilakukan dengan tujuan menyimpan barang, seperti majalah dan benda lain yang sering berada di atas meja.

Cermin

Jangan salah, elemen cermin pada desain interior apartemen sering memegang peranan sangat penting. Cermin dalam ukuran yang besar akan memberi efek ruangan terasa lebih luas. Selain itu, pantulan cahaya dari cermin akan membantu penyebaran sinar lebih merata, dan tentu saja, hemat energi.

Kursi Lipat

Tak hanya meja, kursi lipat juga membantu Anda menghemat ruang. Saat dibutuhkan, Atau sedengan ada tamu berkunjung, Anda tak kerepotan mencari kursi. Sementara saat tidak digunakan perabotan ini bisa masuk dalam rak penyimpanan.

 

Tips Menyiasati Desain Interior Apartemen

Selain menggunakan beberapa jenis perabotan multifungsi aktivitas penghematan space di ruang terbatas apartemen juga bisa Anda lakukan dalam mewujudkan konsep ruangan yang efisien. Hal tersebut penting dalam membangun desain interior apartemen.

Seperti dikutip dari Homify, tanpa mengurangi rasa nyaman, beberapa konsep jenis ruangan dapat dioptimalkan dengan penggunaan furniture apartemen yang tepat. Hal tersebut membuat fungsi ruang apartemen tak ubahnya rumah seperti biasa.

Baca Juga : Mengulik Desain Interior Masa Kini ala Anak Muda Perkotaan

Berikut beberapa tips yang bisa menjadi inspirasi Anda:

Tempat tidur Berlemari

Kamar tidur biasanya terdiri dari perabotan. Seperti lemari tempat tidur dan meja di sekitarnya. Untuk menghemat ruangan, Anda bisa membeli tempat tidur dengan fasilitas ketiganya. Fungsi yang bisa didapat memungkinkan Anda tak perlu lagi beli lemari atau meja. Cara ini lebih hemat dalam hal pengeluaran dan ruang yang digunakan.

furniture multifungsi meja kerja

Source: dekoruma.com

Beberapa produk, seperti yang ditawarkan furniture apartemen Surabaya biasanya menawarkan beberapa fungsi selain tempat tidur. Seperti lemari penyimpanan di bagian bawah, meja lipat di sekitar kanan dan kiri tempat tidur, dan bahkan rak sendal.

Karakter ini, sangat cocok bagi desain interior apartemen dengan keterbatasan ruang tak seluas rumah konvensional.

Ruang Kerja dengan Rak

Fungsi rak yang sering menjadi media penyimpanan, bisa dimanfaatkan sebagai meja kerja. Beberapa desain interior apartemen sering memanfaatkan furniture jenis ini untuk mewujudkan ruang kerja di apartemen.

Umumnya jenis furniture ini terdiri dari rak, lemari penyimpanan, meja kerja dan kursi. Selain ringkas, beragam fungsi yang didapat membuat Anda tak harus pindah tempat saat membutuhkan refrensi buku dan sejenisnya. Karena hal tersebut tersimpan di satu tempat.

Dapur tersembunyi

Dapur sering tidak masuk dalam list ruang utama di apartemen. Meski demikian, kehadirannya sering bermanfaat, terutama bagi Anda yang hobi masak. Solusinya adalah dengan menggunakan panel tertutup, mirip lemari.

Saat digunakan, panel tersebut bisa dibuka dan kita bisa menemui peralatan memasak standar apartemen dan tempat penyimpanan bumbu masakan. Cara ini membuat ruangan terasa luas, dengan fungsi ruangan lebih banyak, cocok untuk  desain interior apartemen.

Tak ada hantu di bawah perabotan

Salah satu penyebab Anda membutuhkan banyak perabotan adalah membiarkan ruang terbuka. Baik di bawah tempat tidur, meja dan sebagainya. untuk itu, manfaatkan ruang tersebut sebagai fungsi lain.

Seperti tempat tidur berlemari di bagian bawah. Meja dengan bagian penyimpanan di bagian bawah dan sebagainya. semua perkakas tersebut bisa digunakan dengan banyak fungsi tanpa harus membutuhkan ruang tambahan di apartemen Anda.

Kabinet dan Mesin Cuci

Anda bsa menempatkan kabinet mesin cuci baju dan piring di kamar mandi. Dengan bagian atas tertutup panel yang bisa dimanfaatkan untuk menempatkan barang dan kebutuhan yang lain. Hal ini lebih efektif, ketimbang menaruh diluar kamar mandi.

Baca Juga : 5 Konsep Desain Interior untuk Furniture Apartemen

 

Menggunakan Jasa Desain Interior Apartemen

Menata dan memilih perabotan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan untuk apartemen kadang membutuhkan pemikiran dan strategi khusus. Jika tidak, tak hanya waktu, uang yang Anda keluarkan bisa jadi diluar ekspektasi.

Mendapat inspirasi ide mengisi ruang apartemen dengan perabotan bisa didapat dari mana saja. Termasuk sosial media seperti Pinterest dan sebagainya. Hanya saja, dalam pengaplikasiannya, hal tersebut sering mengalami sejumlah kendala.

jasa desain interior apartemen

Seperti dikatakan oleh Marshal Utoyo, dari Fabelio, seperti dikutip dari Kompas, tak hanya butuh biaya, kebutuhan perabotan dalam mengoptimalkan luas apartemen kadang membutuhkan pemikiran panjang.

Hal tersebut kerap menyita waktu dan otak, disamping biaya yang besar. Karena kendala paling sering muncul adalah, perabotan yang kita beli tidak sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Sehingga perombakan, atau penyesuaian kerap dilakukan secara berulang-ulang.

Menurut Marshal, selama ini banyak orang sering bertanya jenis perabotan apa saja yang cocok dan dibutuhkan sesuai dengan ruang yang tersedia. Selain itu, tentu saja estimasi biaya yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan jasa desain interior desain seperti Signea, Anda bisa mewujudkan keinginan tersebut secara step by step. Seperti merinci kebutuhan furniture apartemen yang dibutuhkan, desain interior apartemen ideal dan perkiraan biaya yang dibutuhkan.

Selain menghemat waktu, cara ini juga hemat dalam segi biaya. Karena Anda hanya membeli apa yang Anda butuhkan, sesuai dengan luas ruangan yang tersedia. Di samping itu, cara ini juga membantu Anda melakukan aktivitas seperti biasa tanpa harus bolak-balik ke toko furniture apartemen Surabaya.