5 Konsep Desain Interior untuk Furniture Apartemen

Seperti rumah, keberadaan desain interior yang tepat pada apartemen dapat memberi manfaat kenyamanan lebih. Terutama jika hal ini disesuaikan dengan karakter, minat dan selera pribadi yang tinggal di dalamnya.

Membayangkan dan menentukan desain interior yang cocok untuk kita bisa jadi hal mudah. Namun terkadang, hal ini sangat sulit dalam hal pengaplikasian. Terlebih dalam menentukan seberapa besar space untuk dioptimalkan, pemilihan warna dan jenis furniture apartemen apa yang cocok digunakan.

Nah, seperti dikutip dari Homify untuk mengurangi rasa bingung Anda dalam menentukan, Anda bisa menggunakan sebuah trik sederhana. Yakni terlebih dahulu menentukan jenis tema apa yang kita butuhkan untuk desain interior apartemen yang tepat.

Dengan menentukan konsep “benang merah” ini, beberapa elemen dapat disesuaikan dan lingkungan nyaman bisa didapat. Berikut beberapa 5 ide memilih furniture apartemen dengan beberapa konsep:

Konsep Tropis Modern

Konsep ini memadukan nuansa tropis dengan paduan warna, motif flora, dan elemen bahan kayu di bagian furniture. Perpaduan ini diselaraskan dengan warna putih atau cerah sehingga membangun nuansa nyaman dan menyenangkan.

Penggunaan furniture dari bahan kayu lebih dominan untuk tema desain interior apartemen dengan tema tropis. Hal ini bisa Anda wujudkan dari perabotan meja, kursi, sofa dan hiasan dinding dari bahan kayu yang dipadukan dengan warna putih pada bantalan dan elemen lain.

Konsep tropis akan memberi nuansa nyaman, karena dengan lingkungan yang dibangun seperti ini seseorang serasa sedang berlibur. Selain itu, konsep ini cocok bagi Anda yang suka gaya interior design ramah lingkungan.

Konsep Klasik

Konsep ini dapat diwujudkan dengan pemilihan furniture apartemen bergaya klasik. Seperti perabotan kursi, meja, sofa, bingkai kaca dan ornamen hiasan lain. Menciptakan nuansa harmoni yang nyaman adalah manfaat dalam pemilihan konsep interior desain apartemen jenis ini.

Semangat konsep ini sering didominasi garis lurus. Mulai dari pemilihan gaya furniture, finishing pewarnaan dan pemilihan ornamen pendukung lain. Tema ini memiliki nuansa yang tak akan lekang oleh waktu, sehingga akan cocok hingga kapanpun.

Gaya klasik juga bisa dikombinasi dengan tema peradapan budaya bangsa tertentu. Seperti gaya kolonial, Romawi dan Yunani. Kehadiran ketiga contoh budaya tersebut akan memperkuan kesan klasik yang Anda bangun.

Gaya ini juga akan sangat cocok bagi Anda pecinta benda antik. Mulai dari lemari, tempat tidur, kursi, meja bahkan bak mandi dengan desain kuno. Selain memberi kesan elegan dan nyaman, penggunaan tema ini membuat nuansa sebuah apartemen lebih terasa berkelas.

Konsep Skandinavia

Singkatnya, konsep ini dibangun dengan fungsi mengoptimalkan ruangan apartemen yang terbatas. Dengan beberapa jenis manfaat yang bisa Anda dapatkan, seperti fleksibilitas, kesederhanaan dan tentu saja kenyamanan.

Untuk menghadirkan konsep ini, kita akan membutuhkan dominasi warna-warna pastel. Kehadiran warna ini bisa Anda wujudkan dari cat tembok, ornamen pendukung dan hiasan, hingga pemilihan furniture apartemen.

Tak hanya warna, tema kesederhanaan yang selaras dengan gaya Scandinavian juga dapat Anda wujudkan dalam memilih bentuk perabotan. Pemilihan bentuk kursi, meja, lemari dan tempat tidur dengan bentuk sederhana adalah semangat dalam tema ini.

scandinavian home decor

Perlu diingat, untuk mewujudkan secara penuh nuansa dengan tema ini, hindari penggunaan warna gelap. Karena hal ini justru akan mengurangi esensi lingkungan nyaman dengan tema skandinavia yang sedang Anda wujudkan.

Gaya ini pada dasarnya terinspirasi oleh budaya masyarakat bagian Ewopa Utara. Meski demikian, konsep seperti ini juga sangat cocok dihadirkan pada lingkungan hunian negara beriklim tropis seperti Indonesia dan sebagainya.

Konsep Minimalis

Konsep ini digemari dan selaras dengan gaya hidup modern yang mengutamakan kesederhanaan atua simple namun tetap nyaman untuk dilihat dan dirasakan. Sehingga pemilihan warna dan bentuk perabotan seperti kursi, meja dan tempat tidur sangat penting untuk diperhatikan.

minimalist home decor

Konsep ini sangat cocok untuk gaya hidup modern, dinamis, dengan aktivitas tinggi. Kesan hangat dan semua yang terletak pada tempatnya membuat seseorang menjadi lebih mudah mendapatkan inspirasi dan ide.

Diluar aktivitas produktif, konsep hunian design interior apartemen juga memberi kesan hangat, nyaman dan tenang. Sehingga konsep ini akan meningkatkan kualitas Anda dalam beristirahat setelah seharian beraktivitas.

Konsep ini biasanya tak begitu menggunakan banyak pilihan warna. Beberapa warna netral seperti krem dan putih, sering menjadi pilihan karena kesan sederhana yang ditimbulkan. Selain itu warna agak gelap di bagian furniture akan memberi kesan lebih segar ruangan apartemen minimalis Anda.

Tak sulit mencari furniture apartemen dengan konsep minimalis. Karena konsep ini juga kerap ditawarkan di banyak design furniture, mulai dari kursi, meja, lemari dan kamar tidur yang memiliki bentuk simple namun tak jarang multi-fungsi.

Konsep Industrial

Konsep tema ini biasanya akan menyeimbangkan nuansa warna gelap dan abu-abu dominan yang ada di beberapa sudut ruangan. Dengan penciptaan gradasi pencahayaan yang diwujudkan melalui gantungan dan penggunaan ornamen lampu.

Dalam Konsep design interior apartemen ini, tak jarang mata akan dengan mudah melihat warna metal. Elemen besi atau warna metal sering mendominasi terutama di bagian perabotan dan sebagainya.

modern urban home decor

Konsep ini memberi kesan elegan di samping ruang apartemen terlihat lebih efisien. Sangat cocok bagi Anda yang memiliki semangat gaya hidup modern, dengan kombinasi beberapa peralatan elektronik berteknologi.

Unsur modern akan muncul seketika dengan penggunaan konsep tema industrial modern. Meski demikian, kesan ini juga akan diperkuat dengan nuansa elegan yang muncul dari penempatan lampu, dan perabotan furniture apartemen yang Anda gunakan.

Banyak solusi dalam mengisi ruang apartemen Anda dengan furniture yang pas dan ideal. Salah satunya dengan menghubungi Signea Living, interior apartment design.

 

Tanaman Hias & Desain Interior

Selain penggunaan beberapa perabotan seperti kursi, meja, lemari dan tempat tidur, Anda bisa memasukkan beberapa elemen untuk meningkatkan kualitas lingkungan apartemen. Di antaranya memanfaatkan fungsi tanaman hias.

Penggunaan tanaman hias dapat menjadi alternatif hiasan, selain fungsinya membawa keasrian kedalam aparteman. Pilih jenis tanaman yang dapat hidup dilingkungan kering, dan bisa hidup di dalam rumah, seperti Sanseviera dan sejenisnya.

Inspirasi tanaman hias dekorasi rumah

Seperti dikutip dari dekoruma.com setidaknya ada tujuh fungsi tanaman ini ditanam di dalam ruangan apartemen. Salah satunya mengurangi risiko sick building syndrome, yaitu kondisi di mana sebuah ruangan memiliki kandungan gas korbondioksida sangat tinggi.

Tingginya pengaruh jenis kesehatan yang tak baik bagi kesehatan ini bisa datang dari beberapa penyebab, diantaranya nikotin dari rokok, dan penggunaan AC.  Di samping itu, jenis tanaman ini juga dapat menyerap bau tidak sedap yang muncul pada kulkas.

Selain itu, penggunaan jenis tanaman ini selain sedap dipandang juga dapat mengurangi dampak buruk gelombang elektromaknetik yang bisa muncul dari peralatan elektronik. Seperti komputer, televisi, dan sebagainya.