Mengulik Desain Interior Masa Kini ala Anak Muda Perkotaan

Seperti baju, keberadaan sebuah desain interior apartemen anak muda sering menjadi identitas, dan dipenuhi sesuai dengan minat dan kebutuhan.

Modern, simple, dan dinamis adalah 3 hal yang tak bisa dipisahkan dalam pemenuhan gaya desain interior sebuah apartemen modern untuk anak muda. Biasanya hal tersebut diselaraskan dengan tema ruangan di konsep hunian modern dengan luas terbatas, apartemen.

Dibutuhkan kreativitas desain interior untuk mewujudkan konsep stylish namun tetap homey di ruang terbatas apartemen. Nah berikut ada beberapa referensi konsep tema desain interior yang pas untuk kebutuhan anak muda modern:

Baca Juga : 5 Konsep Desain Interior untuk Furniture Apartemen

hipster style home decor

Gaya Hipster

Konsep ini biasanya diwujudkan dengan menggunakan banyak perpaduan warna. Keberadaan elemen warna juga sering menjadi kebutuhan dekoratif, disamping penggunaan kebutuhan furniture dan sebagainya.

Untuk menyeimbangkan penggunaan beberapa elemen warna di dinding, gunakan furniture dengan warna netral. Seperti cokelat, putih, hitam dan sebagainya. Penggunaan warna netral juga cocok untuk kebutuhan lantai.

Pilih perpaduan warna yang dapat memberi dampak positif, terutama dalam hal visualisasi. Padukan dengan ornamen perlengkapan hobi, seperti jika Anda hobi bersepeda, gantung (fungsi penempatan) sepeda Anda di dinding.

Selain dapat berfungsi sebagai tempat menyimpan, cara ini juga memberi fungsi dekoratif yang sedap untuk dipandang.

Selaras dengan semangat tema ini, penggunaan elemen furniture bergaya retro juga akan memberi sentuhan Hipster, cocok untuk kawula muda. Jangan ragu menggunakan rumput sintetis dan sejenisnya untuk memenuhi kebutuhan ini.

Gaya Urban Industrial Modern

Gaya ini akan cocok bagi anak muda dengan semangat hidup modern, dinamis dan simple. Konsep ini dibangun dengan elemen elektronik, retro dan sentuhan desain interior apartemen modern.

Perpaduan beberapa hal tersebut akan membuat hunian apartemen terasa tidak membosankan. Meski keterbatasan ruangan menjadi hal yang sering terjadi di setiap produk apartemen.

Gaya urban industrial bisa dihadirkan dengan pemilihan elemen dekoratif elektronik. Penggunaan nuansa ini akan memberi kesan modern, dan fungsional tentu saja. Semangat tersebut akan sangat pas dengan kehadiran meja Coffe, furniture kursi bergaya retro dan penggunaan tirai yang selaras.

modern urban home decor lighting

Dalam hal pencahayaan, gunakan lampu lantai yang dipadukan dengan lampu gantung atau sejenisnya. Konsep modern ini akan membuat kesan modern dan homey pada apartemen kesayangan Anda.

Baca Juga : Desain Interior Apartemen Studio: Inspirasi Furniture Multifungsi

Gaya work & play

Konsep ini pada dasarnya dibangun dengan tujuan mengoptimalkan ruangan terbatas apartemen dengan kesan menyenangkan. Untuk membangun hal ini, Anda bisa memanfaatkan beragam warna pada ornamen dekorasi.

Tempatkan beberapa warna dominan di beberapa sudut ruangan. Sehingga ruangan akan terlihat lebih segar, sebagai sumber inspirasi. Dengan tujuan mendukung pekerjaan dan gaya hidup anak muda yang dinamis.

Agar kesan warna tak selalu muncul pada cat tembok, Anda bisa memanfaatkan ornamen batu bata dalam hal ini. Cara ini akan memberi kesan post industrial pada konsep desain interior apartemen.

Untuk memperkuat konsep ini, gunakan dekorasi huruf, dan tempatkan rak buku simple lalu gunakan furniture meja dan kursi stool dengan gaya kontemporer. Untuk lantai, Anda bisa menggunakan karpet dengan warna senada dengan tema.

Kombinasi dengan Permainan Cahaya dan Furniture

Kombinasi pewarnaan dinding, penempatan ornamen pencahayaan serta furniture multifungsi dapat dimanfaatkan dalam konsep apartemen anak muda modern dan dinamis anak muda. Penempatan dan penggunaan ornamen yang efektif dan efisien, memungkikan ruang terbatas apartemen lebih terasa nyaman.

Aturan Pencahayaan

Ruang terbatas apartemen bisa disiasati dengan menggunakan proses pencahayaan yang baik dan benar. Dalam hal ini Anda bisa menggunakan sumber cahaya modern yang ditempatkan di beberapa sudut ruangan.

Seperti menggunakan lampu meja di sisi tempat tidur, cara ini dapat membantu aktivitas membaca Anda sebelum tidur. Bagi pasangan muda, cahaya dari lampu meja juga akan memberi nuansa romantis.

Selain itu, pusat cahaya juga bisa dapat dipenuhi dari lampu gantung. Tempatkan bagian ini di plafon, nuansa ruangan akan terasa lebih hangat dan membuat Anda lebih betah. Pencahayaan yang baik akan memberi nuansa nyaman, meninggalkan kesan sempit di ruang apartemen yang terbatas.

Sumber cahaya juga bisa didapat secara alami, setiap pagi. Dengan memberi akses sinar matahari masuk kedalam ruangan. Selain berhemat energi (listrik) cara ini akan membuat kita tetap sehat dengan asupan sinar matahari yang cukup.

Papan Tulis

Fungsi papan tulis tak sekedar sebagai media belajar, tapi juga bisa dimanfaatkan dalam membangun konsep hunian apartemen nyaman untuk anak muda. Taruh elemen ini di dapur, selain fungsi dekorasi, cara ini juga dapat memberi Anda manfaat sumber inspirasi.

Kombinasi dinding batu bata dengan papan tulis akan memberi nuansa retro nyaman, cocok untuk anak muda. Penggunaan papan tulis juga bisa berfungsi sebagai pengingat, segala hal apa saja yang perlu Anda lakukan dan kerjakan.

patterned tiles home decor

Ubin Bermotif

Semangat dinamis anak muda dapat diapresiasikan dengan penggunaan pola bermotif. Cara penempatan yang tepat adalah kamar mandi. Selain kamar tidur, kamar mandi sering menjadi media rileksasi yang dampaknya bisa dirasakan dengan ubin berpola, dengan warna campuran.

“TTS” di dinding

Semacam teka-teki silang (TTS), Anda bisa menempel ornamen ini di dinding. Cara ini akan memberi nuansa trendi dan tidak membosankan. Bahkan cara ini membuat rutinitas Anda terasa lebih menyenangkan saat berada di apartemen.

Tempat tidur & tempat penyimpanan

Cara ini biasa digunakan untuk menghemat ruangan di lahan apartemen yang terbatas. Biasanya tempat tidur jenis loft, memiliki tangga dan laci di bagian bawah. Beberapa produk furniture multifungsi didesain dengan bagian laci di bawah untuk meletakkan barang. Sumber

 

Tips Menata Desain Interior Apartemen Anak Muda

Memanfaatkan Transisi untuk ruang terbuka

Beberapa ruang apartemen biasanya tersedia dalam kosep terbuka. Untuk membuat sub ruangan, Anda bisa menggunakan elemen transisi, seperti partisi atau rak dekorasi dan sebagainya. Cara ini dapat memberi Anda ruang tambahan, tanpa mengurangi rasa nyaman ruangan.

Furniture multifungsi

Penggunaan furniture multifungsi adalah cara penghematan space di konsep design interior apartemen. Seperti sofa yang bisa digunakan sebagai tempat tidur, meja makan yang bisa digunakan sebagai meja kerja dan sebagainya.

Efisiensi penyimpanan barang

Penyimpanan menjadi hal paling utama dalam konsep design interior apartemen. Bagaimanapun, cara penyimpanan yang efektif akan membuat ruangan apartemen lebih nyaman. Tanpa harus membuat Anda selalu sibuk mencari suatu barang setiap saat.

desain interior modern bright palette

Warna Palet & Terang

Pemilihan warna terang adalah konsep termudah dalam dekorasi interior apartemen agar terlihat lebih luas. Cara ini bisa Anda tampilkan pada permukaan dinding, atau penggunaan furniture dan sebagainya. Sumber