Memilih Furniture untuk Desain Interior Modern Apartemen

Berguna, efektif dan efisien adalah semangat dalam seni desain interior modern apartemen. Selain memerlukan penataan ruangan yang baik, memilih ukuran dan fungsi furniture perabotan sangat diperlukan. Mengingat terdapat batasan yang tak bisa dilanggar dalam hal pengelolaan.

Untuk mendapatkan fungsi tersebut, ada beberapa poin terkait pemilihan dan penempatan furniture untuk kebutuhan apartemen modern, berikut di antaranya:

Menata Ruangan
Keberadaan pernik furniture dan perabotan lain tak bisa lepas dalam strategi penataan ruang terbatas sebuah apartemen. Selain memenuhi kebutuhan penghuni, pemilihan ornamen dan furniture yang tepat akan membuat ruang sempit apartemen, terlihat lebih luas. Perabotan minimalis multi fungsi, seperti meja makan yang bisa disulap dalam sekejap menjadi meja kerja adalah salah satu contoh benda yang bisa Anda gunakan di kebutuhan apartemen modern.

Selain itu, Anda juga menempatkan rak buku, dengan menggunakan lemari dengan bagian atas untuk meja televisi. Penggunaan lemari selain berfungsi sebagai menyimpan beberapa barang dan menempatkan ornamen hiasan, media ini dapat menjadi pembatas ruangan. Sehingga seperti sekat, lemari akan menjadi pembatas ruang tamu dan dapur.

Pilih Perabotan/Furniture
Pemilihan perabotan atau furniture adalah hal penting dalam desain interior apartemen modern. Selain model yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan, ukuran dan fungsi menjadi bagian dalam pertimbangan. Untuk itu, sebelum membeli, ada baiknya Anda memahami karakter dan ukuran apartemen yang Anda gunakan. Atau menggunakan Signea Living, jasa desain interior modern, untuk menemukan solusi kebutuhan ideal Anda.

Kebutuhan dan penataan furniture yang tepat akan membuat ruangan tak terlihat sesak, nyaman dan bahkan terlihat luas. Rata-rata kebutuhan furniture apartemen modern adalah perabotan berukuran kecil, praktis dan nyaman dalam mendukung aktivitas keseharian.

desain interior modern apartemen furniture

Dekorasi Interior
Dekorasi interior yang tepat akan memberi kesan nyaman, dan akan memberi Anda banyak pengaruh positif. Termasuk mendapatkan ide, dan proses relaksasi maksimal dalam menjalani aktivitas setiap hari. Anda bisa mengkreasikan ornamen dekoratif, atau menggunakan perabotan dengan bentuk unik. Sehingga enak dilihat dan berfungsi sesuai kebutuhan. Cara mudahnya, Anda dapat mencari inspirasi dari berbagai sumber, seperti sosial media Instagram yang kini sedang hits.

dekorasi interior modern apartemen lighting dekorasi interior modern gold decor dekorasi interior modern apartemen pots

Source: @viverecollection

Tips Menata Desain Interior Apartemen Modern

Menata ruang dengan perabotan atau furniture secara ideal, efektif dan efisien adalah cara menghadirkan kenyamanan di konsep apartemen modern. Untuk menghadirkan hal tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda perhatikan dalam hal ini, berikut di antaranya:

desain interior modern apartemen livingroom

Ruang Terbuka sebagai Area Televisi

Televisi sering menjadi bagian penting dalam sebuah ruang tamu. Penempatan televisi dan menghadirkan ruang relaksasi pada konsep apartemen modern bisa dilakukan dengan memanfaatkan ruang kosong terbuka. Dalam konsep desain interior modern, penempatan elemen ini biasa dilakukan bersebelahan dengan jendela. Atau menempatkannya di ruang terbuka pada jenis apartemen dengan bentuk L, sebagai ruang keluarga atau ruang tamu. Konsep penataan yang tepat akan membuat ruangan lebih menyegarkan. Sehingga hal ini memberi Anda kenyamanan saat berkumpul atau sedang sendiri.

Rak Display Tanpa Kaki

Penggunaan jenis rak ini akan memberi fungsi lebih, sehingga ruang terasa lebih luas. Cara ini dapat digunakan untuk memaksimalkan desain interior apartemen sempit. Sangat cocok untuk jenis apartemen berbentuk L. Efek lebih luas sering tampak dari jenis perabotan ini. Sehingga ruang keluarga atau ruang tamu apartemen modern terasa lebih luas dan tidak sumpek. Cara ini juga mempermudah proses bersih-bersih yang dilakukan setiap hari.

desain interior apartemen ruang transisi dapur

Dapur dan Ruang Transisi

Susah-susah gampang menghadirkan dapur di apartemen modern, terlebih jika tanpa bantuan jasa desain interior modern, atau ruang apartemen belum tertata sejak awal. Tips yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan transisi ruang. Pada dasarnya berbeda dengan konsep dapur rumah, bagian ini pada sebuah apartemen sering dihadirkan secara simple dan efisien. Sehingga tak perlu membutuhkan banyak ruangan.

Dalam hal ini Anda bisa memanfaatkan perabot penting dapur seperti meja makan dan rak gantung dan menempatkannya di transisi antara dua ruangan. Selain berfungsi sebagai dapur, cara ini juga dapat menjadi sekat antar satu ruangan dengan yang lain secara efektif.

desain iinterior apartemen kamar tidur

Kamar Tidur dan Furniture Pelengkap

Maksimalkan ruang tidur dengan beberapa perabot pelengkap. Selain tempat tidur, Anda bisa menambah rak gantung, lemari atau bahkan televisi. Semua perabot yang menempel di dinding akan memaksimalkan penggunaan ruang. Sehingga kamar tidur terasa lebih luas. Untuk mengoptimalkan aktivitas relaksasi, gunakan elemen kayu sebagai lantai. Dan hindari penggunaan barang berlebih karena hal ini hanya akan membuat ruangan lebih sumpek dan membatasi mobilitas Anda. Elemen cermin tak hanya akan memberi koreksi penampilan Anda, tapi akan menambah kesan luas ruangan.

3 Jenis Penerangan

Untuk membangun sumber penerangan, Anda dapat memanfaatkan 3 sumber yang bisa Anda ciptakan. Cara ini juga dapat membangun mood baik setiap saat pada ruangan apartemen modern yang terbatas. Ketiga cara tersebut bisa Anda wujudkan dengan proses pencahayaan terpusat pencahayaan fokus dan pencahayaan tambahan. Ketiga cara ini dapat memenuhi elemen pencahayaan sesuai dengan kebutuhan. Kebutuhan tersebut bisa disesuaikan dengan kegiatan, seperti saat berkumpul, bekerja, atau beristirahat dengan aktivitas cahaya lebih redup.

Dekorasi Taman

Konsep tanaman adalah elemen paling mudah dalam membangun kenyamanan di sebuah apartemen modern. Banyak konsep tanaman yang bisa digunakan, dan disesuaikan dengan kebutuhan dalam dekorasi ruang.

Cara ini cocok bagi Anda yang ingin membangun desain interior apartemen minimalis, Bohemian hingga Scandinavian. Konsep dekorasi Throw juga dapat dimanfaatkan pada corak perabotan, seperti sofa dan sebagainya. Cara ini membuat nuansa ruang jauh lebih menarik (Sumber).

 

Tips Memilih Furniture untuk Apartemen Modern

Seperti dikutip dari Woop, dalam memilih dan menata furniture untuk kepentingan fungsi dan dekorasi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut beberapa di antaranya:

Awali dari nol. Bagi Anda yang terbiasa tinggal di rumah, kebiasaan hidup di apartemen akan memerlukan penyesuaian. Termasuk mempelajari kebutuhan paling diperlukan dan mengelimasi hal yang tak dibutuhkan. Untuk itu, Anda bisa mengawali hal ini mulai dari nol, dan mulai berpikir perabotan dan perlengkapan rumah tangga apa yang dibutuhkan. Sesuai dengan semangat hidup masyarakat modern yang tinggal di apartemen dengan gaya hidup modern, dinamis dan simple.

Berpikir realistis. Berbeda dengan rumah, kebutuhan perabotan apartemen biasanya memerlukan pemikiran khusus. Di samping fungsi dan ukuran, yang terpenting adalah mengisi kebutuhan ruangan, dalam hal ini bentuk yang dibutuhkan. Bentuk dan ukuran perabotan yang tepat akan memaksimalkan setiap sudut ruang apartemen. Fungsinya tak mengganggu mobilisasi dan mempermudah seseorang dalam memenuhi kebutuhan hidup setiap saat.

Kode Warna. Dalam apartemen, biasanya hanya terdiri antara dua hingga 4 ruangan. Untuk memperkuat karakter ruangan tersebut, penggunaan warna akan mempertegas sekaligus media pembeda antar ruangan. Pilih warna yang sesuai dengan kebutuhan Anda, komposisi warna yang tepat akan menghadirkan mood positif setiap hari.

Ukuran adalah segalanya. Dalam ruangan yang serba terbatas, ukuran benda atau perabotan sangat penting, terutama dalam pemanfaatan lahan dan fungsi perabotan. Dibutuhkan pemikiran dan pengukuran yang ideal dalam hal ini. Beberapa ide kadang sulit didapat, sehingga menghubungi ahli desain interior modern adalah solusi tepat dalam hal ini. Mengingat, apartemen nyaman akan memberi banyak nilai positif dalam kehidupan seseorang.

Satu Barang, Multifungsi. Menggunakan satu jenis barang namun memiliki lebih banyak fungsi adalah esensi berhemat ruang tanpa harus kehilangan fungsi perabotan. Saat ini banyak produk ditawarkan dengan satu bentuk, namun memiliki banyak fungsi. Tak hanya meringkas fungsi perabotan, semangat ini juga dapat membantu Anda memilih produk dekorasi yang tepat untuk mengisi ruang kosong. Misalnya menggunakan lampu gantung, lemari kecil foto atau lukisan di dinding.

Selain fungsi dekorasi, penempatan lampu, lemari dan lukisan di dinding merupakan satu diantara beberapa cara menggunakan satu benda dengan banyak fungsi. Minimal fungsi penerangan, penyimpanan dan sebagainya disamping fungsi dekoratif.